Indonesia perwira angkatan laut tekanan korupsi penghilang LSM lingkungan di Papua


West Papua Media Alets

West Papua Media Alets

Laporan berikut diterima dari Eksekutif-Direktur LP3BH, Yan Christian Warinussy tentang pelecehan Manusia & Lingkungan hak Defender Max Binur oleh Naval Pejabat Indonesia.

Senin 15 Juli 2013
(Catatan Editor: Max Binur memimpin akar rumput bekerja keras LSM lingkungan di Sorong yang berperan penting dalam mendokumentasikan dan mengekspos isu utama seputar pembalakan liar dan korupsi aparat keamanan, dan bersama-sama dengan Environmental Investigation Agency yang berbasis di London (EIA) terkena kasus terkenal “polisi triliun rupiah,” Pertama Ajun Inspektur Labora Sitorus. Sitorus ditangkap pada bulan Mei menyusul penemuan pembalakan liar besar dan layak operasi penyelundupan lebih dari US $ 150 juta. lihat http://www.eia-international.org/on- Film-nakal-indonesia-polisi-ilegal-logging-operasi )
Di 11, seseorang datang menemui saya yang mengatakan bahwa ia ingin bertemu seorang pejabat Belantara Papua (ini dapat diterjemahkan sebagai ‘Papua Jungle’) Dia mengendarai sepeda motor yang ia parkir di depan kantor. Karena pintu depan ditutup, ia pergi ke belakang rumah dan membuka pintu samping dan berteriak: ‘. Ada seseorang di sini yang ingin bertemu dengan Anda’ Ketika orang ini masuk ke kantor, aku berada di sebuah ruangan yang merupakan tempat anak-anak bermain bersama (bernyanyi dan lukisan) Ketika saya mendengar anak panggilan, saya pergi ke dia bersama-sama dengan pengunjung yang sekarang berdiri di dapur. Ketika rekan-rekan menyapa saya, saya menanggapi salam. Aku bertanya siapa dia ingin melihat. Dia mengatakan bahwa dia datang dari pangkalan angkatan laut di Sorong dan ingin bertemu dengan beberapa pejabat dari Belantara Papua.I memintanya untuk meninggalkan dapur dan masuk ke rumah melalui pintu depan, kemudian dia meninggalkan dapur dan pergi ke pintu depan. Aku pergi sementara ke ruang utama di kantor dan mengundangnya untuk masuk.Kami berjabat tangan dan saya memintanya untuk duduk.

Ketika saya bertanya kepadanya di mana ia berasal, ia berkata: “Saya anggota dari Angkatan Laut Indonesia di Sorong.and Saya ingin bertemu dengan seseorang dari eksekutif Belantara Papua.”

Ketika saya bertanya apa yang dia inginkan, dia mengatakan bahwa dia berharap untuk bertemu seseorang dari Belantara Papua dan berharap bahwa akan ada kemungkinan bagi kita untuk bekerja sama.

Kemudian ia melanjutkan dengan mengatakan sebagai berikut:

“Aku tahu tentang Balantara dari Internet dan saya telah mencari alamatnya selama hampir dua minggu ‘

Dia kemudian menjelaskan panjang lebar bagaimana hal itu bahwa ia telah bertemu orang-orang sebuah organisasi internasional (CI) di Raja Ampat dan mengetahui tentang program (Christian Thebu). Dia bertemu ketua organisasi masyarakat sipil (LMA Malamoi Silas Kalami) dan juga bertemu Ferdiel dari Yayasan Penyu Papua.

Saya bertanya berapa lama ia telah bekerja di Sorong, yang dia menjawab: “Hanya dua minggu,” menambahkan bahwa ia baru saja pindah ke sini dari Jakarta.

Ketika kami bertanya kepadanya apakah dia tahu Abner Korwa, ia mengatakan ia telah mengetahui tentang Abner Korwa di Internet dan menyadari bahwa ia adalah seorang aktivis lingkungan. Ketika ia bertanya kepada kami apakah Abner Korwa berada di kantor, saya mengatakan kepadanya bahwa Korwa tidak bekerja untuk Belantara tetapi menghabiskan sebagian besar waktunya bekerja di rumah

Dia kemudian bertanya apakah saya akan memperkenalkan dia kepada Abner Korwa. Saya berkata bahwa saya bisa tapi dia tidak ada di sini saat ini. Dia kemudian berbicara panjang lebar tentang Belantara dan pekerjaan mereka dengan pemerintah daerah dan aparat keamanan. Sebagai diskusi berlangsung, dia meminta saya untuk nama-nama anggota eksekutif Belantara dan kemudian bertanya apa nama saya dan saya berkata nama saya Max Binur. Dia bertanya program apa yang saya mengambil dan saya katakan saya sedang melakukan kursus tentang UNAMIN dan administrasi. Saya juga mengatakan kepadanya bahwa ada lima orang staf-nya.

Dia juga ingin tahu apakah dia bisa mengambil bagian dalam diskusi dengan Belantara dan saya mengatakan bahwa dia bisa kalau dia mau.

“Dan bagaimana dengan melibatkan teman-teman saya dari Angkatan Laut Indonesia,” tanyanya, yang saya katakan dengan segala cara. Tapi aku mengatakan bahwa saat ini kami sangat sibuk melakukan pekerjaan kami sendiri di pedesaan yang berarti bahwa pada saat ini tidak ada seorang pun di sini di kantor kecuali doorman.

Dia kemudian bertanya apakah saya bisa memberikan nama-nama anggota komite eksekutif Belantara dan foto-foto mereka. Saya katakan, saya minta maaf tapi saya tidak akan bisa melakukan itu sampai besok. Saya mengatakan kalau ia menginginkan sesuatu resmi, saya bisa mengirim mereka untuk bertemu dengan beberapa orang di Angkatan Laut Indonesia.

Aku mengakhiri percakapan pada titik ini, menjelaskan bahwa saya harus menghadiri pertemuan lain jadi saya hanya bisa melakukan ini dalam waktu beberapa hari.

Dia kemudian meminta nomor telepon saya yang saya berikan kepadanya dan dalam pertukaran, dia memberi saya nomor teleponnya.

Ketika saya bertanya apa nama lengkapnya adalah, katanya Yandi Mayor, menambahkan bahwa ia adalah anggota dari Angkatan Laut Indonesia di Sorong.

——-

Intimidasi

1. Ketika seorang anggota dari Angkatan Laut Indonesia ingin bertemu orang-orang, ia harus pergi ke pintu depan mereka dan jika tidak ada yang ada, ia harus pergi.
2. Apa yang terjadi adalah bahwa setelah mengetuk pintu, ia pergi sebelah untuk melihat apakah seseorang itu tapi tidak ada satu.
3. Mayor Yandi kemudian meminta nama-nama anggota komite eksekutif Belantara sehingga ia bisa mengambil foto mereka. Ini adalah selama diskusi kita yang berlangsung selama sekitar satu jam.
4. Dalam diskusi tersebut, ia mengatakan ia ingin bekerja sama dengan Belantara pada proyek bisnis bersama di Katapop.
5. Selama diskusi ia menyebutkan nama Labora Sitorus tetapi mulai berbicara tentang sesuatu yang lain.
6. Ia mengatakan ia telah pindah ke sini dari Jakarta dua pekan lalu dan bahwa ia telah bertemu dengan beberapa LSM.
7. Salah satu trik yang lain adalah untuk mengatakan bahwa ia datang dari Jakarta pada Air penerbangan Pelita, tetapi sejauh yang saya tahu, Pelita Airlines tidak terbang dari Jakarta ke Sorong.

Dari semua ini, saya menarik kesimpulan sebagai berikut:

1. Dalam lima tahun terakhir, tidak ada anggota pasukan keamanan, baik dari polisi atau tentara, yang pernah datang ke Kantor Belantara kami meminta profil dan nama-nama anggota komite eksekutif Belantara.
2. Saya berpikir bahwa pembukaan kembali kasus Labora Sitorus dan laporan di METRO TV dalam siaran berita yang disiarkan dua kali pada Program Realita semua bisa menjadi bagian dari skenario yang sama.
3. Sejak 12-13 Juli, saya telah menyelidiki kasus perusahaan BANGUN KAYA IRIAN yang terletak di Kampung Bagaraga, Kais, di Kabupaten Wayer, Moswaren, Daerah Sorong Selatan. Itu adalah ketika saya tiba di rumah dari lokasi pada hari berikutnya 15 Juli) bahwa seorang anggota pasukan keamanan mengunjungi saya.
4. Dalam perjalanan pulang dari Sorong Selatan (Teminabuan) ke kota Sorong pada hari Minggu malam, aku mengambil beberapa foto dari kayu yang menumpuk di sisi jalan dari Kampung Maladofok ke Klamono. Sepanjang jalan, ada log yang akan diangkut. Aku menghentikan mobil saya di jalan, keluar dan mengambil enam foto dari kayu yang ditumpuk.
5. Saya juga curiga tentang kasus Aimas Berdarah.
6. Ini mungkin sehubungan dengan banding yang kami terima dari orang-orang Wawiyai untuk membantu mereka dalam memerangi kasus mereka di Friwen,
7. Hal ini juga mungkin terhubung ke eksploitasi nikel di Yenbekaki Kampung, Raja Ampat.

Ini adalah beberapa kasus baru-baru ini yang saya pikir terhubung dengan kunjungan Yandi Mayor Angkatan Laut Indonesia meskipun ia tidak menceritakan apa-apa. Mungkin ada motif lain tentang apa yang kita tahu apa-apa.

Max Binur, Direktur Belantara Papua

Akhirnya, saya ingin membuat jelas bahwa saya menyediakan memberi nama saya dan rincian kartu identitas. Jika salah satu orang yang ingin menghubungi saya, silahkan melakukannya karena saya bersedia untuk membahas hal ini dengan mereka.

Tapi karena aku harus berhati-hati tentang memberi orang rincian tentang nomor kartu identitas saya, saya telah memutuskan untuk mendapatkan kartu identitas baru sehingga dapat berkomunikasi dengan orang-orang tentang hal-hal prinsip.

Terima kasih!

sumber : http://westpapuamedia.info/2013/07/21/indonesian-naval-officer-pressures-corruption-busting-environmental-ngo-in-papua/

Komentar Yali Voice

